Skip to main content

Simple Traffic Light Apps


    Traffic Light Apps

    A. Abstraksi

        Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI (Graphical User Interface) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.


    B. Diagram

    B.1 Diagram Class

             Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.



    B.2 Diagram Object
            
              Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.
 



    C. Source Code
    
    C.1 DigitPane.java
    
            Source Code yang ada di bawah ini digunakan untuk membuat tampilan waktu yang terletak di bawah traffic light.


    C.2 SignalPane.java
            Source Code yang ada di bawah ini digunakan untuk membuat tampilan warna-warna lampu lalu lintas.


    C.3 TrafficLightPane.java
            Source Code yang ada di bawah ini akan menentukan lampu mana yang akan menyala dan berapa lama lampu akan menyala.


    C.4 AppFrame.Java
            Source Code yang ada di bawah ini akan menampilkan semua yang sudah dibuat dalam beberapa code sebelumnya menjadi satu kesatuan.



    D. Output
        
        Cara menjalankan aplikasi sederhana yang sudah dibuat adalah sebagai berikut :




Comments

Popular posts from this blog

ATM Machine ( Evaluasi Tengah Semester )

 Sup Daijoubu?     Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat aplikasi mesin ATM sederhana dimana ATM tersebut hanya melakukan setor tunai, yang nantinya uang yang disetor user akan dimasukkan ke dalam rekening user sendiri. Setelah selesai bertransaksi, user akan mendapatkan bukti transaksi dan keluar dari aplikasi, jadi tidak akan ada pengulangan. Diagram Class yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : 1. atmMain     Class ini merupakan class inti yang akan menjadi layout aplikasi, di dalam class ini hanya akan ada data      PIN single user dan pilihan menu utama. 2. Transaksi     Class ini akan berisikan method-method untuk setor tunai, seperti perhitungan jumlah uang yang                   masuk, dan juga untuk mencetak bukti transaksi. Setelah menjelaskan secara singkat kelas yang ada beserta fungsinya selanjutnya Karu akan menampilkan source Code 2 kelas di atas tadi yaitu : 1. atmMain.java 2. Transaksi.java Setelah melihat 2 Source Code di atas kali ini Karu akan men

Auction System

              Yuhuuuu  Pada kesempatan kali ini penulis ingin membuat auction system sederhana yang melibatkan penggunaan Array pada Java. Di dalam auction system nanti ada beberapa kelas yaitu sebagai berikut : Class Auction, kelas ini adalah kelas utama dalam Auction System. Di dalam kelas inilah proses lelang akan terjadi seperti memasukkan nama barang yang akan dilelang, menaruh tawaran terhadap barang lelangan, menunjukkan hasil sementara atau akhir pelelangan dan juga menutup acara lelang itu sendiri. Proses-proses tadi akan dibuatkan fungsinya masing-masing Class Lot, kelas ini akan menunjukkan sudah ada atau tidaknya penawaran yang masuk untuk sebuah barang yang dilelang Class Bid, kelas ini akan menyimpan tawaran-tawaran yang masuk serta membandingkan siapakah penawar tertinggi untuk suatu barang yang dilelang Class Person, kelas ini akan menyimpan data nama orang yang ikut serta dalam pelalangan Untuk mengetahui hubungan antar kelas-kelas ini berikut penulis lampirkan diagram