Skip to main content

Simple Traffic Light Apps


    Traffic Light Apps

    A. Abstraksi

        Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI (Graphical User Interface) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.


    B. Diagram

    B.1 Diagram Class

             Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.



    B.2 Diagram Object
            
              Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.
 



    C. Source Code
    
    C.1 DigitPane.java
    
            Source Code yang ada di bawah ini digunakan untuk membuat tampilan waktu yang terletak di bawah traffic light.


    C.2 SignalPane.java
            Source Code yang ada di bawah ini digunakan untuk membuat tampilan warna-warna lampu lalu lintas.


    C.3 TrafficLightPane.java
            Source Code yang ada di bawah ini akan menentukan lampu mana yang akan menyala dan berapa lama lampu akan menyala.


    C.4 AppFrame.Java
            Source Code yang ada di bawah ini akan menampilkan semua yang sudah dibuat dalam beberapa code sebelumnya menjadi satu kesatuan.



    D. Output
        
        Cara menjalankan aplikasi sederhana yang sudah dibuat adalah sebagai berikut :




Comments

Popular posts from this blog

Teks Editor

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi aplikasi sederhana yaitu teks editor, dimana di dalam aplikasinya sendiri akan ada beberapa fitur antara lain : 1. File, pada fitur ini tedapat fitur lainnya yaitu New yang berfungsi untuk membuat file baru; Save, fitur ini berfungsi untuk menyimpan hasil tulisan pada teks editor; lalu ada fitur Open yang berfungsi untuk membuka file yang ingin dibuka ( hehe ) dan selanjutnya terdapat fitur Print dyangberfungsi untuk mencetak. 2. Edit, pada fitur ini terdapat beberapa menu lainnya ysitu : Copy ( untuk mengcopy ), Paste ( untuk menempelkan sesuatu yang telah di copy sebelumnya ), Cut (  memiliki fungsi yang mirip dengan Copy  dengan tambahan menghapus teks yang sudah di copy ) 3. Close, fitur ini berfungsi untuk menutup file Selanjutnya akan ditampilkan Diagram kelas dari Teks Editor : Source Code : editor.java Setelah source code di atas dicompile dan dijalankan maka akan muncul tampilan sebagai b...

World of Zuul

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini karu akan mencoba mereplikasi kodingan World of Zuul yang sudah tersedia di materi designing class pada blog Pak Fajar. World of Zuul adalah game yang membuat user merasa seperti sedang "jalan-jalan" di suatu area yang memiliki banyak tempat dengan cara menuliskan peintah (command). Untuk program yang Karu coba replikasi akan mengajak user berkeliling di dalam sebuah universitas dengan menggunakan command go + arah mata angin (north, south, west east). Terdapat 5 kelas yang akan membuat game World of Zuul dapat beroperasi yaitu : 1. Command.java 2. CommandWords.java 3. Room.java 4. Parser.java 5. Game.java Output yang akan dihasilkan untuk Game World of Zuul ditampilkan sebagai berikut: Sekian yang dapat Karu sampaikan kurang lebihnya mohon maaf Mata Aimashou