Skip to main content

Ticket Machine

 SUP Daijoubu ?

Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat project sederhana untuk E-Ticket Machine,  untuk projectnya sendiri Karu akan mencoba menggunakan salah satu fungsi Java yaitu java.util.Scanner. Di dalam project E-Ticket Machine nanti akan terdapat 2 buah Class yaitu :



1. Ticketing

Class Ticketing ini berfungsi menyimpan beragam fungsi seperti :  

  getPrice(), fungsi ini berguna untuk menyetor harga E-Ticket agar dapat ditampilkan.

>    getBalance(), fungsi ini berguna untuk mengembalikan nilai saldo yang dimiliki oleh pengguna E-Ticket Machine.

>    topUp(), fungsi ini berguna untuk menambahkan nilai saldo pengguna E-Ticket Machine apabila melakukan pengisian saldo.

>    printTicket(), fungsi ini berguna untuk menampilkan Tiket yang sudah dibeli oleh pengguna E-Ticket Machine.

2. TesTicketing
    
Class TesTicketing ini berfungsi untuk memberikan tampilan utama dari project E-Ticket Machine (layout). Di dalam Class ini akan terjadi pemanggilan fungsi yang terdapat di dalam Class Ticketing.


Untuk memberikan gambaran lebih jelasnya mengenai kedua Class  di atas, maka berikut ini akan ditampilkan source code program untuk kedua Class di atas :

1. Ticketing.java


 2. TesTicketing.java



 3. Output
            
Untuk dapat melihat Output yang dihasilkan dari project E-Ticket Machine diperlukan langkah sebagai berikut :
              
a. Menjalankan TesTicketing.java, lalu pilih yang void.

b. Memasukkan nama pengguna E-Ticket Machine
                    


c. Setelah memasukkan nama, langkah selanjutnya Karu bisa memiilih menu no. 1 untuk mengecek harga Tiket untuk Canda.In AJA.
  


d. Selanjutnya, karena Karu baru menggunakan E-Ticket  Machine, tentunya Karu tidak bisa langsung membeli Tiket Canda.In AJA, maka dari itu Karu harus melakukan Top Up, dimana saldo To Up Karu minimal harus sama dengan harga Tiketnya.



e. Hal yang dapat Karu lakukan setelah melakukan top up adalah membeli tiketnya




f. Hal terakhir yang wajib dilakukan adalah mencetak tiketnya, Selamat sekarang Karu sudah memiliki tiket untuk menonton Show Canda.In AJA di akhir tahun nanti.


Sekian penjelasan mengenai project Ticket Machine bersama Karu, sampai jumpa lagi.









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object                                 Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.       C. Source Code         

ATM Machine ( Evaluasi Tengah Semester )

 Sup Daijoubu?     Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat aplikasi mesin ATM sederhana dimana ATM tersebut hanya melakukan setor tunai, yang nantinya uang yang disetor user akan dimasukkan ke dalam rekening user sendiri. Setelah selesai bertransaksi, user akan mendapatkan bukti transaksi dan keluar dari aplikasi, jadi tidak akan ada pengulangan. Diagram Class yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : 1. atmMain     Class ini merupakan class inti yang akan menjadi layout aplikasi, di dalam class ini hanya akan ada data      PIN single user dan pilihan menu utama. 2. Transaksi     Class ini akan berisikan method-method untuk setor tunai, seperti perhitungan jumlah uang yang                   masuk, dan juga untuk mencetak bukti transaksi. Setelah menjelaskan secara singkat kelas yang ada beserta fungsinya selanjutnya Karu akan menampilkan source Code 2 kelas di atas tadi yaitu : 1. atmMain.java 2. Transaksi.java Setelah melihat 2 Source Code di atas kali ini Karu akan men

Auction System

              Yuhuuuu  Pada kesempatan kali ini penulis ingin membuat auction system sederhana yang melibatkan penggunaan Array pada Java. Di dalam auction system nanti ada beberapa kelas yaitu sebagai berikut : Class Auction, kelas ini adalah kelas utama dalam Auction System. Di dalam kelas inilah proses lelang akan terjadi seperti memasukkan nama barang yang akan dilelang, menaruh tawaran terhadap barang lelangan, menunjukkan hasil sementara atau akhir pelelangan dan juga menutup acara lelang itu sendiri. Proses-proses tadi akan dibuatkan fungsinya masing-masing Class Lot, kelas ini akan menunjukkan sudah ada atau tidaknya penawaran yang masuk untuk sebuah barang yang dilelang Class Bid, kelas ini akan menyimpan tawaran-tawaran yang masuk serta membandingkan siapakah penawar tertinggi untuk suatu barang yang dilelang Class Person, kelas ini akan menyimpan data nama orang yang ikut serta dalam pelalangan Untuk mengetahui hubungan antar kelas-kelas ini berikut penulis lampirkan diagram