Skip to main content

Exception Handling

 Sup Daijoubu?

Pada kesempatan kali ini Karu akan menerapkan Exception Handling. Metode yang akan digunakan adalah metode try and catch, akan terdapat 2 class yang tidak berkaitan satu sama lain, maksud pembuatan 2 class disini untuk menunjukkan perbedaan Exception Handling sebelum dan sesudah menerapkan metode try and catch. Untuk source code 2 class tersebut akan ditampilkan di bawah ini :


1. bioskop.java ( Class yang tidak menerapkan metode try and catch)



Output dari source code di atas adalah sebagai berikut :

Gambar 1.1 Exception Handling tanpa try and catch


2. bioskopTRY.java (Class yang menerapkan metode try and catch)



Output dari source code di atas adalah sebagai berikutt :

Gambar1.2 Exception Handling dengan try and catch



Output yang akan dihasilkan jika inputan user memenuhi syarat :

Gambar 1.3 Inputan user tidak terkena Exception Handling

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk melihat postingan Karu kali ini, kurang lebihnya mohon maaf. Sekian....Njana


Comments

Popular posts from this blog

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object    ...

Teks Editor

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi aplikasi sederhana yaitu teks editor, dimana di dalam aplikasinya sendiri akan ada beberapa fitur antara lain : 1. File, pada fitur ini tedapat fitur lainnya yaitu New yang berfungsi untuk membuat file baru; Save, fitur ini berfungsi untuk menyimpan hasil tulisan pada teks editor; lalu ada fitur Open yang berfungsi untuk membuka file yang ingin dibuka ( hehe ) dan selanjutnya terdapat fitur Print dyangberfungsi untuk mencetak. 2. Edit, pada fitur ini terdapat beberapa menu lainnya ysitu : Copy ( untuk mengcopy ), Paste ( untuk menempelkan sesuatu yang telah di copy sebelumnya ), Cut (  memiliki fungsi yang mirip dengan Copy  dengan tambahan menghapus teks yang sudah di copy ) 3. Close, fitur ini berfungsi untuk menutup file Selanjutnya akan ditampilkan Diagram kelas dari Teks Editor : Source Code : editor.java Setelah source code di atas dicompile dan dijalankan maka akan muncul tampilan sebagai b...

World of Zuul

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini karu akan mencoba mereplikasi kodingan World of Zuul yang sudah tersedia di materi designing class pada blog Pak Fajar. World of Zuul adalah game yang membuat user merasa seperti sedang "jalan-jalan" di suatu area yang memiliki banyak tempat dengan cara menuliskan peintah (command). Untuk program yang Karu coba replikasi akan mengajak user berkeliling di dalam sebuah universitas dengan menggunakan command go + arah mata angin (north, south, west east). Terdapat 5 kelas yang akan membuat game World of Zuul dapat beroperasi yaitu : 1. Command.java 2. CommandWords.java 3. Room.java 4. Parser.java 5. Game.java Output yang akan dihasilkan untuk Game World of Zuul ditampilkan sebagai berikut: Sekian yang dapat Karu sampaikan kurang lebihnya mohon maaf Mata Aimashou