Skip to main content

Teks Editor

 Sup Daijoubu?

Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi aplikasi sederhana yaitu teks editor, dimana di dalam aplikasinya sendiri akan ada beberapa fitur antara lain :

1.File, pada fitur ini tedapat fitur lainnya yaitu New yang berfungsi untuk membuat file baru; Save, fitur ini berfungsi untuk menyimpan hasil tulisan pada teks editor; lalu ada fitur Open yang berfungsi untuk membuka file yang ingin dibuka ( hehe ) dan selanjutnya terdapat fitur Print dyangberfungsi untuk mencetak.

2.Edit, pada fitur ini terdapat beberapa menu lainnya ysitu : Copy ( untuk mengcopy ), Paste ( untuk menempelkan sesuatu yang telah di copy sebelumnya ), Cut ( memiliki fungsi yang mirip dengan Copy dengan tambahan menghapus teks yang sudah di copy )

3.Close, fitur ini berfungsi untuk menutup file

Selanjutnya akan ditampilkan Diagram kelas dari Teks Editor :


Source Code :

editor.java



Setelah source code di atas dicompile dan dijalankan maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Gambar di atas memperlihatkan fitur yang terdapat dalam menu File


Gambar di atas memperlihatkan fitur yang terdapat dalam menu Edit



Gambar di atas memperlihatkan sebuah teks yang akan di save



Gambar di atas adalah sebuah tab yang akan muncul ketika user menekan fitur Save pada menu File



Gambar di atas merupakan tampilan file yang telah tersimpan dan dibuka melalui aplikasi lain


Sekian penjelasan yang dapat Karu lakukan, terimakasih....


Comments

Popular posts from this blog

Ticket Machine

 SUP Daijoubu ? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat project sederhana untuk E-Ticket Machine,  untuk projectnya sendiri Karu akan mencoba menggunakan salah satu fungsi Java yaitu java.util.Scanner . Di dalam project E-Ticket Machine nanti akan terdapat 2 buah Class  yaitu : 1. Ticketing Class  Ticketing ini berfungsi menyimpan beragam fungsi seperti :   >    getPrice(),  fungsi ini berguna untuk menyetor harga E-Ticket agar dapat ditampilkan. >     getBalance(), fungsi ini berguna untuk mengembalikan nilai saldo yang dimiliki oleh pengguna E-Ticket Machine. >      topUp() , fungsi ini berguna untuk menambahkan nilai saldo pengguna E-Ticket Machine   apabila melakukan pengisian saldo. >      printTicket(), fungsi ini berguna untuk menampilkan Tiket yang sudah dibeli oleh   pengguna E-Ticket Machine. 2. TesTicketing      Class  TesTicketing ini berfungsi untuk memberikan tampilan utama dari project E-Ticket Machine (layout). Di dalam Class  ini akan terjadi pem

Auction System

              Yuhuuuu  Pada kesempatan kali ini penulis ingin membuat auction system sederhana yang melibatkan penggunaan Array pada Java. Di dalam auction system nanti ada beberapa kelas yaitu sebagai berikut : Class Auction, kelas ini adalah kelas utama dalam Auction System. Di dalam kelas inilah proses lelang akan terjadi seperti memasukkan nama barang yang akan dilelang, menaruh tawaran terhadap barang lelangan, menunjukkan hasil sementara atau akhir pelelangan dan juga menutup acara lelang itu sendiri. Proses-proses tadi akan dibuatkan fungsinya masing-masing Class Lot, kelas ini akan menunjukkan sudah ada atau tidaknya penawaran yang masuk untuk sebuah barang yang dilelang Class Bid, kelas ini akan menyimpan tawaran-tawaran yang masuk serta membandingkan siapakah penawar tertinggi untuk suatu barang yang dilelang Class Person, kelas ini akan menyimpan data nama orang yang ikut serta dalam pelalangan Untuk mengetahui hubungan antar kelas-kelas ini berikut penulis lampirkan diagram

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object                                 Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.       C. Source Code