Skip to main content

Image Viewer

 SUP ? Daijoubu ?

Yahalo ketemu lagi bareng Karu nih, pada kesempatan kali ini Karu ingin membuat sebuah aplikasi image viewer yang memiliki filter untuk mengubah warna foto yang diinputkan oleh user, wah terdengar ribet sekali ya teman, untuk bisa membuat aplikasi tersebut Karu akan mengimplementasikan metode yang ada pada Java GUI. Aplikasi image viewer kali ini akan melibatkan 4 buah kelas yang memiliki peranannya masing-masing, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada diagram kelas dan source code yang ada di bawah ini :



1. OFImage.java

    Di kelas ini terdapat efek-efek yang dapat digunakan dan disinkronisasi dengan foto yang telah            diinputkan oleh user



2. ImageFileManager.java

    Kelas ini berfungsi untuk load foto inputan user


3. ImagePanel.java

    Kelas ini berfungsi untuk menyetting foto inputan user agar memiliki rasio yang sama


4. ImageViewer.java
    
    Kelas utama yang mengontrol aplikasi ImageViewer


Dari kelas-kelas di atas akan didapatkan tampilan output sebagain berikut :

> Saat output Awal



> Saat memilih foto untuk diinput




> Output setelah foto berhasil di input 



> Outuput ketika bermain dengan filter :

    * filter darker


    * filter lighter


    * filter treshold
   


Sekian pembahasan yang dapat Karu sampaikan mengenai aplikasi GUI sederhana Image Viewer, mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan serta kesalahan.













Comments

Popular posts from this blog

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object    ...

Teks Editor

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi aplikasi sederhana yaitu teks editor, dimana di dalam aplikasinya sendiri akan ada beberapa fitur antara lain : 1. File, pada fitur ini tedapat fitur lainnya yaitu New yang berfungsi untuk membuat file baru; Save, fitur ini berfungsi untuk menyimpan hasil tulisan pada teks editor; lalu ada fitur Open yang berfungsi untuk membuka file yang ingin dibuka ( hehe ) dan selanjutnya terdapat fitur Print dyangberfungsi untuk mencetak. 2. Edit, pada fitur ini terdapat beberapa menu lainnya ysitu : Copy ( untuk mengcopy ), Paste ( untuk menempelkan sesuatu yang telah di copy sebelumnya ), Cut (  memiliki fungsi yang mirip dengan Copy  dengan tambahan menghapus teks yang sudah di copy ) 3. Close, fitur ini berfungsi untuk menutup file Selanjutnya akan ditampilkan Diagram kelas dari Teks Editor : Source Code : editor.java Setelah source code di atas dicompile dan dijalankan maka akan muncul tampilan sebagai b...

World of Zuul

 Sup Daijoubu? Pada kesempatan kali ini karu akan mencoba mereplikasi kodingan World of Zuul yang sudah tersedia di materi designing class pada blog Pak Fajar. World of Zuul adalah game yang membuat user merasa seperti sedang "jalan-jalan" di suatu area yang memiliki banyak tempat dengan cara menuliskan peintah (command). Untuk program yang Karu coba replikasi akan mengajak user berkeliling di dalam sebuah universitas dengan menggunakan command go + arah mata angin (north, south, west east). Terdapat 5 kelas yang akan membuat game World of Zuul dapat beroperasi yaitu : 1. Command.java 2. CommandWords.java 3. Room.java 4. Parser.java 5. Game.java Output yang akan dihasilkan untuk Game World of Zuul ditampilkan sebagai berikut: Sekian yang dapat Karu sampaikan kurang lebihnya mohon maaf Mata Aimashou