Skip to main content

Image Viewer

 SUP ? Daijoubu ?

Yahalo ketemu lagi bareng Karu nih, pada kesempatan kali ini Karu ingin membuat sebuah aplikasi image viewer yang memiliki filter untuk mengubah warna foto yang diinputkan oleh user, wah terdengar ribet sekali ya teman, untuk bisa membuat aplikasi tersebut Karu akan mengimplementasikan metode yang ada pada Java GUI. Aplikasi image viewer kali ini akan melibatkan 4 buah kelas yang memiliki peranannya masing-masing, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada diagram kelas dan source code yang ada di bawah ini :



1. OFImage.java

    Di kelas ini terdapat efek-efek yang dapat digunakan dan disinkronisasi dengan foto yang telah            diinputkan oleh user



2. ImageFileManager.java

    Kelas ini berfungsi untuk load foto inputan user


3. ImagePanel.java

    Kelas ini berfungsi untuk menyetting foto inputan user agar memiliki rasio yang sama


4. ImageViewer.java
    
    Kelas utama yang mengontrol aplikasi ImageViewer


Dari kelas-kelas di atas akan didapatkan tampilan output sebagain berikut :

> Saat output Awal



> Saat memilih foto untuk diinput




> Output setelah foto berhasil di input 



> Outuput ketika bermain dengan filter :

    * filter darker


    * filter lighter


    * filter treshold
   


Sekian pembahasan yang dapat Karu sampaikan mengenai aplikasi GUI sederhana Image Viewer, mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan serta kesalahan.













Comments

Popular posts from this blog

Ticket Machine

 SUP Daijoubu ? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat project sederhana untuk E-Ticket Machine,  untuk projectnya sendiri Karu akan mencoba menggunakan salah satu fungsi Java yaitu java.util.Scanner . Di dalam project E-Ticket Machine nanti akan terdapat 2 buah Class  yaitu : 1. Ticketing Class  Ticketing ini berfungsi menyimpan beragam fungsi seperti :   >    getPrice(),  fungsi ini berguna untuk menyetor harga E-Ticket agar dapat ditampilkan. >     getBalance(), fungsi ini berguna untuk mengembalikan nilai saldo yang dimiliki oleh pengguna E-Ticket Machine. >      topUp() , fungsi ini berguna untuk menambahkan nilai saldo pengguna E-Ticket Machine   apabila melakukan pengisian saldo. >      printTicket(), fungsi ini berguna untuk menampilkan Tiket yang sudah dibeli oleh   pengguna E-Ticket Machine. 2. TesTicketing      Class  TesTicketing ini berfungsi untuk memberikan tampilan utama dari project E-Ticket Machine (layout). Di dalam Class  ini akan terjadi pem

Auction System

              Yuhuuuu  Pada kesempatan kali ini penulis ingin membuat auction system sederhana yang melibatkan penggunaan Array pada Java. Di dalam auction system nanti ada beberapa kelas yaitu sebagai berikut : Class Auction, kelas ini adalah kelas utama dalam Auction System. Di dalam kelas inilah proses lelang akan terjadi seperti memasukkan nama barang yang akan dilelang, menaruh tawaran terhadap barang lelangan, menunjukkan hasil sementara atau akhir pelelangan dan juga menutup acara lelang itu sendiri. Proses-proses tadi akan dibuatkan fungsinya masing-masing Class Lot, kelas ini akan menunjukkan sudah ada atau tidaknya penawaran yang masuk untuk sebuah barang yang dilelang Class Bid, kelas ini akan menyimpan tawaran-tawaran yang masuk serta membandingkan siapakah penawar tertinggi untuk suatu barang yang dilelang Class Person, kelas ini akan menyimpan data nama orang yang ikut serta dalam pelalangan Untuk mengetahui hubungan antar kelas-kelas ini berikut penulis lampirkan diagram

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object                                 Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.       C. Source Code