Skip to main content

PONG Game

 Sup Daijoubu?

Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi program PONG, PONG adalah sebuah game sederhana yang terinspirasi dari permainan ping pong, dalam programnya nanti akan terdapat 4 kelas yaitu Ball, Paddle, Renderer, Pong. Diagram kelas dapat dilihat pada gambar berikut ini :


Penjelasan singkat mengenai 4 kelas tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pong.java
    Kelas ini adalah kelas utama dalam game PONG ini, di dalam kelas inilah tampilan game PONG dibuat.

2. Paddle.java
    Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan paddle dan juga tampilan paddle

3. Ball.java
    Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan bola dan juga tampilan dari bola.

4. Renderer.java
    Seperti namanya kelas ini berfungsi untuk merender game secara keseluruhan.


Source Code :

1. Pong.java


2. Paddle.java


3. Ball.java


4. Renderer.java




Output :
Dengan menjalankan kelas utama dalam game PONG yaitu kelas pong.java maka akan dihasilkan output sebagai berikut :

Gambar 1.1 Tampilan menu utama saat program dijalankan

Gambar 1.2 Tampilan memilih level

Gambar 1.3 Tampilan ketika game selesai dijalankan


Gambaran output di atas adalah gambaran jika user memilih bermain melawan bot, jika user menginginkan bermain dengan user lain maka tampilan pada gambar 1.2 tidak akan muncul dan user akan langsung masuk ke dalam permainan.

Sekian yang dapat Karu jelaskan pada kesempatan kali ini, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.




Comments

Popular posts from this blog

Ticket Machine

 SUP Daijoubu ? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat project sederhana untuk E-Ticket Machine,  untuk projectnya sendiri Karu akan mencoba menggunakan salah satu fungsi Java yaitu java.util.Scanner . Di dalam project E-Ticket Machine nanti akan terdapat 2 buah Class  yaitu : 1. Ticketing Class  Ticketing ini berfungsi menyimpan beragam fungsi seperti :   >    getPrice(),  fungsi ini berguna untuk menyetor harga E-Ticket agar dapat ditampilkan. >     getBalance(), fungsi ini berguna untuk mengembalikan nilai saldo yang dimiliki oleh pengguna E-Ticket Machine. >      topUp() , fungsi ini berguna untuk menambahkan nilai saldo pengguna E-Ticket Machine   apabila melakukan pengisian saldo. >      printTicket(), fungsi ini berguna untuk menampilkan Tiket yang sudah dibeli oleh   pengguna E-Ticket Machine. 2. TesTicketing      Class  TesTicketing ini berfungsi untuk memberikan tampilan utama dari project E-Ticket Machine (layout). Di dalam Class  ini akan terjadi pem

Auction System

              Yuhuuuu  Pada kesempatan kali ini penulis ingin membuat auction system sederhana yang melibatkan penggunaan Array pada Java. Di dalam auction system nanti ada beberapa kelas yaitu sebagai berikut : Class Auction, kelas ini adalah kelas utama dalam Auction System. Di dalam kelas inilah proses lelang akan terjadi seperti memasukkan nama barang yang akan dilelang, menaruh tawaran terhadap barang lelangan, menunjukkan hasil sementara atau akhir pelelangan dan juga menutup acara lelang itu sendiri. Proses-proses tadi akan dibuatkan fungsinya masing-masing Class Lot, kelas ini akan menunjukkan sudah ada atau tidaknya penawaran yang masuk untuk sebuah barang yang dilelang Class Bid, kelas ini akan menyimpan tawaran-tawaran yang masuk serta membandingkan siapakah penawar tertinggi untuk suatu barang yang dilelang Class Person, kelas ini akan menyimpan data nama orang yang ikut serta dalam pelalangan Untuk mengetahui hubungan antar kelas-kelas ini berikut penulis lampirkan diagram

Simple Traffic Light Apps

    Traffic Light Apps     A. Abstraksi          Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat aplikasi sederhana yang menampilkan secara simpel gambaran lampu lalu lintas  yang diatur oleh sebuah timer. Karena nantinya saya akan mencoba menampilkan secara visual sebuah lampu lalu lintas dengan timer-nya maka untuk dapat melakukan hal tersebut saya akan mencoba mengimplementasikan java swing untuk menampilkan GUI ( Graphical User Interface ) di dalam programnya nanti. Di dalam aplikasi sederhana nanti, GUI berfungsi untuk menampilkan 3 warna lampu yaitu merah, kuning, hijau yang menyala secara bergantian dalam selang 10 detik.     B. Diagram     B.1 Diagram Class                  Pada gambar di bawah ini adalah gambaran tentang hubungan beberapa class yang dibentuk untuk memvisualisasikan sebuah lampu lalu lintas.      B.2 Diagram Object                                 Pada gambar di bawah ini adalah gambaran kasar mengenai aplikasi sederhana Traffic Light.       C. Source Code