Sup Daijoubu?
Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi program PONG, PONG adalah sebuah game sederhana yang terinspirasi dari permainan ping pong, dalam programnya nanti akan terdapat 4 kelas yaitu Ball, Paddle, Renderer, Pong. Diagram kelas dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Penjelasan singkat mengenai 4 kelas tersebut adalah sebagai berikut :
1. Pong.java
Kelas ini adalah kelas utama dalam game PONG ini, di dalam kelas inilah tampilan game PONG dibuat.
2. Paddle.java
Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan paddle dan juga tampilan paddle
3. Ball.java
Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan bola dan juga tampilan dari bola.
4. Renderer.java
Seperti namanya kelas ini berfungsi untuk merender game secara keseluruhan.
Source Code :
1. Pong.java
2. Paddle.java
3. Ball.java
4. Renderer.java
Output :
Dengan menjalankan kelas utama dalam game PONG yaitu kelas pong.java maka akan dihasilkan output sebagai berikut :
Gambar 1.1 Tampilan menu utama saat program dijalankan
Gambar 1.2 Tampilan memilih level
Gambar 1.3 Tampilan ketika game selesai dijalankan
Gambaran output di atas adalah gambaran jika user memilih bermain melawan bot, jika user menginginkan bermain dengan user lain maka tampilan pada gambar 1.2 tidak akan muncul dan user akan langsung masuk ke dalam permainan.
Sekian yang dapat Karu jelaskan pada kesempatan kali ini, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.
Comments
Post a Comment