Skip to main content

PONG Game

 Sup Daijoubu?

Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba menduplikasi program PONG, PONG adalah sebuah game sederhana yang terinspirasi dari permainan ping pong, dalam programnya nanti akan terdapat 4 kelas yaitu Ball, Paddle, Renderer, Pong. Diagram kelas dapat dilihat pada gambar berikut ini :


Penjelasan singkat mengenai 4 kelas tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pong.java
    Kelas ini adalah kelas utama dalam game PONG ini, di dalam kelas inilah tampilan game PONG dibuat.

2. Paddle.java
    Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan paddle dan juga tampilan paddle

3. Ball.java
    Kelas ini berfungsi untuk mengatur pergerakan bola dan juga tampilan dari bola.

4. Renderer.java
    Seperti namanya kelas ini berfungsi untuk merender game secara keseluruhan.


Source Code :

1. Pong.java


2. Paddle.java


3. Ball.java


4. Renderer.java




Output :
Dengan menjalankan kelas utama dalam game PONG yaitu kelas pong.java maka akan dihasilkan output sebagai berikut :

Gambar 1.1 Tampilan menu utama saat program dijalankan

Gambar 1.2 Tampilan memilih level

Gambar 1.3 Tampilan ketika game selesai dijalankan


Gambaran output di atas adalah gambaran jika user memilih bermain melawan bot, jika user menginginkan bermain dengan user lain maka tampilan pada gambar 1.2 tidak akan muncul dan user akan langsung masuk ke dalam permainan.

Sekian yang dapat Karu jelaskan pada kesempatan kali ini, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.




Comments

Popular posts from this blog

Ticket Machine

 SUP Daijoubu ? Pada kesempatan kali ini Karu akan mencoba membuat project sederhana untuk E-Ticket Machine,  untuk projectnya sendiri Karu akan mencoba menggunakan salah satu fungsi Java yaitu java.util.Scanner . Di dalam project E-Ticket Machine nanti akan terdapat 2 buah Class  yaitu : 1. Ticketing Class  Ticketing ini berfungsi menyimpan beragam fungsi seperti :   >    getPrice(),  fungsi ini berguna untuk menyetor harga E-Ticket agar dapat ditampilkan. >     getBalance(), fungsi ini berguna untuk mengembalikan nilai saldo yang dimiliki oleh pengguna E-Ticket Machine. >      topUp() , fungsi ini berguna untuk menambahkan nilai saldo pengguna E-Ticket Machine   apabila melakukan pengisian saldo. >      printTicket(), fungsi ini berguna untuk menampilkan Tiket yang sudah dibeli oleh   pengguna E-Ticket Machine. 2. TesTicketing      Class  TesTicketing ini...

Tambah Buku dan Validasi Form dengan JQuery

Sup Daijoubu? Pos kali ini adalah dokumentasi dari tugas ke 7 mengenai JQuery, terdapat 2 tugas yaitu tugas untuk menambahkan list buku dan juga tugas untuk membuat form validasi menggunakan JQuery. 1. Tambah Buku Tugas membuat sebuah halaman yang dapat menambahkan buku ke dalam sebuah list yang dapat dilihat menggunakan HTML, CSS dan JQuery. Untuk tampilannya sebagai berikut : Source code untuk tampilan di atas adalah sebagai berikut : 2. Form Validation Tugas membuat sebuah halaman yang berfungsi sebagai pengisian form dimana semua kolom yang ada harus terisi dan akan menampilkan pesan jika ada kolom yang belum terisi. Halaman akan dibuat dengan HTML, CSS, dan JQuery. Untuk tampilannya sebagai berikut :     - Tampilan Awal     - Tampilan saat terdapat kolom yang kosong : Source code untuk tampilan di atas :     - HTML:     - Jquery : Sekian penjelasan mengenai penerapan JQuery pada 2 buah halaman sederhana, terimakasih atas segala perhatian, moh...

HOW TO CREATE SIMPLE CV

Sup, Dajoubu? Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara membuat CV secara sederhana dan mudah. HTML & CSS akan menjadi aktor utama dalam pembuatan CV sederhana ini, berikut adalah source code Simple CV yang telah saya buat dengan sedikit modifikasi : HTML CSS Jika source code di atas dijalankan maka Simple CV seharusnya sudah terbuat dan memilik tampilan yang bisa dilihat pada neroSpace.github.io atau gambar di bawah ini : Sekian penjelasan saya mengenai Simple CV, mohon maaf jika ada kesalahan terimakasih.